Kamis, 23 Juli 2015

Hati-Hati Dalam Ganti Ganti ROM Di Android




Heloo Gan ketemu Lagi Bersama saya Rachmad  Ane mau share nih Penting Buat orang Orang cerdas dalam Mengunakan SmartPhone Android.
Bagi yang suka gonta-ganti rom, oprek,dll baca dahulu.
Anda suka ganti2 rom sebaiknya hati-hati



karena terlalu sering melakukan wipe dan flash baik rom, kernel, dll dapat menyebabkan brick. Mungkin brick masih bisa diatasi dengan mudah selama brick tersebut tidak merusak komponen hh. Tapi bagaimana dengan emmc?
emmc bentuknya kecil hitam mirip procecor, kenali ciri-ciri emmc rusak.


EMMC rusak ringan ciri-cirinya (stadium 1) :
- Bisa masuk recovery, bisa masuk fastboot tetapi ketika melakukan flash rom sering muncul pesan berwarna merah. ini bisa diatasi dengan melakukan reboot alias masuk kembali ke recovery. berbeda dengan error recovery/eror rom . pada kondisi ini biasanya recovery akan muncul pesan merah beberapa baris mungkin 3-4 yang bertuliskan failed can't mount e: bla bla bla. biasanya terjadi jika anda GJ (gak jelas) alias sering ganti rom mungkin dalam seminggu bisa 4-5x ganti hati-hati. ibarat manusia jika di suruh makan terus akhirnya kluar juga
.
EMMC Rusak Sedang ciri-cirinya (stadium 2)
-- tidak bisa masuk recovery, tp bisa fastboot. Berbeda dengan kasus tidak bisa masuk recovery akibat gagal/kesalahan flash. Pada keadaan ini meskipun hh kondisi hidup bisa saja terjadi (ini kemungkinan masih bisa diatasi dengan melakukan flash rom dgn pc, dengan begitu kita membuat hh bootloop ini adalah cara memancing recovery untuk muncul karena setelah flash rom maka otomatis system akan tertimpa rom baru sehingga system dapat memancing kembali recovery)
-sebaliknya bisa masuk recovery tp tidak bisa masuk fastboot. caranya meletakan rom di sd card dan melakukan flash lewat sdcard. bagaimana jika masih menggunakan mi recovery?alias recovery bawaan? artinya selamat berjuang sampai masuk fastboot.



Images Flash mengunakan PC

Emmc rusak berat (stadium akhir)
-muncul banyak tulisan merah pada recovery contoh gambar di bawah ini (ini sudah tidak bisa di tolong lagi cara satu-satunya ganti emmc atau beli adek atau siapkan kuburan)
-layar seperti tv rusak tidak bisa masuk recovery maupun fastboot.
-bisa masuk recovery bisa masuk download mode, di flash smua rom sukses tp tidak berubah alias sama seperti sebelumnya. hh masih bisa di pakai dan sukses instal app dll. tp setelah reboot appnya hilang alias kembali semula.
.
jika anda ingin tau harga EMMC
harga berkisar 500-1jt bahkan lebih tergantung merk hp dan kualitas emmc.
emmc bekas harganya mungkin 500 kebawah tapi emmc bekas tidak terjamin kemampuannya siapa tau emmc bekas tsb dlunya dipakai opreker dan setelah kita beli error setelah beberapa kali flash. 

Images Pilihan Terakhir Service Center Terdekat

jadi sebelum melakukan oprek dan flash pelajari dulu hal-hal yang diperlukan supaya hal seperti ini tidak terjadi. jangan GJ ganti-ganti rom.
Dev A bikin rom miui build 16 kemudian 3 hari sesudahnya muncul build 17 dst lebih baik pilih rom yang nyaman jika ingin ganti rom usahakan cari review dahulu jika dirasa kurang menyakinkan sebaiknya jangan.
kemarin saya juga lihat di grup Samsung Dan Lenovo sudah ada 2 korbannya yang lainnya masih belum terlihat ,  tapi di grup Xioumi blum ada masalah seperti ini  .

jadi Ini peringatan  khusu buat merek Hp apa saja karna kapan pun dimana pun Tak ada yg bakalan abadi termasuk Hp saya juga.
tapi saya liat di grup Samsung banyak  sekali yang  yang mengalami HardBrick, Cuma ganti ganti 10x rom setelah itu gagal Flashing dan akhirnya HardBrick.
Saya saran kan bagi pengguna Samsung Agar harus lebih berhati hati dalam Gonta Ganti ROM.


 Sekian dari saya Semoga Bermanfaat bagi anda semua
Jangan Pernah Lelah untuk Membaca , Dan juga Untuk Pengetahuan Buat anda .

147 komentar:

  1. Jangan Lupa Tingalin Jejak gan Ya

    BalasHapus
  2. Nih....
    +Tinggalin jejak

    BalasHapus
  3. Pernah alami rusak EMMC waktu pakai samsung Ace 2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat para pengguna samsung harus berhati hati saja , soal nya saya liat sering sih hardbrick

      Hapus
  4. Kalo abis cusrom trs btrey gk bisa nambah klo dicharge. Solusinya gmn gan.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maruf dulu ane juga pernah nagalamin biasanya itu bug dari cusrom bida juga pas ganti cosrom ada yang kurang , coba situ wipe data wipe cache wipe dalvik ( kalo wipe ini bisa menghilangkan app yg sudah ter install , jgn lupa beckup dulu app nya ) semoga bermanfaat

      Hapus
    2. Q user xiaomi minote2,HH ga bisa recovery & fastboot, stp konek dg flashtool sll muncul notif S_BROM_CMD_STARTCMD_FAIL(2005)..padahal q sll tekan vol - ketika colok HH,apakah emmc q sudah rusak?

      Hapus
    3. belum rusak gan itu bad sector dari romm, di coba di flash pake pc gan , atau sudah memasang TWRP belum gan?

      Hapus
  5. bon'a ane kenal kaya'a :D
    dlu ane prnah servis disitu jga

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Makasih Infonya bro

    BalasHapus
  8. Punya gw msh orisinil rom bawaan. Cuma di root doank. Mending utak utik system aja bro daripada flash rom yang beresiko emmc rusak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ane sih android gk di utak atik gk enak broh , ya kan semua hal pasti memiliki kerugian ke untungan , jadi kalo cuma root doank kita gk bisa ngerasain rom baru yg lagi joss , kalo kit punya ke gagalan pasti tambah ilmu dan kita bisa share bareng heheheh

      Hapus
    2. Permisi gan, mau nanya. fungsi manasin ic emmc tuh buat apa sih..

      Hapus
    3. Buat aapa gan di panasin , fungsi emmc itu buat penyimpanan rom di nternal jadi kaya hardisk aja gan kalo di laptop, OS di laptop kan di taru di Loacl C

      Hapus
    4. Iya bro miui4I ane udah sakti Ni pake double versi Korea/indonesia jadi sakti bgtd bro

      Hapus
    5. Iya bro miui4I ane udah sakti Ni pake double versi Korea/indonesia jadi sakti bgtd bro

      Hapus
    6. Gan, hh ane mi note 2, ane root pake kingroot, trus pake twrp hermes, setelah reeboot kok kingroot hilang, dan Superuser malah tdk bsa d pasang. Diroot pake kingroot lagi jg gk mw. Kalo. D kingo root terbaca model :hermes , android version 5.0.2. Gimana gan kmbali semula, dan bisa d root..? Oiya pernah custom room tapi app setting gk kebuka, akirnya saya ganti room global xiomi 8.1, jadinya sprt d atas gan. Tolong gan...help...

      Hapus
  9. Hahah kalo ane sih mending di stockrom aja gan tapi tetep harus dc / rc biar tampilan makin joss, android kan yg di nilai cuma tampilan aja :v itu sih menurut ane karna korban stadium 2 dulunya wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ane tanganya gatel si gan pengen ngerasain rom rom yang baru , dan smuttt eekek , masalah kerusakan kita kan bisa sambil sahre. Hp mana yg bagus buat otak atik hehehhe

      Hapus
    2. Sama bro HP ane skarang pake miui 8 Korea ane cangkok Sama versi Indonesia pasang twrp Wih manteb deh dijamin deples bgt bro

      Hapus
    3. Bagi link download stock rom nya dong gan, buat xiaomi 5a riva

      Hapus
  10. Mau tanya gan. ane punya ace3, sering restar sendiri. (kalo pas mati ada gambar tv rucek) dan di wipe data/factory reset gagal. bisa masuk menu sih tapi cuma 4-5 menitan, seterusnya gitu gitu aja sering restar. kira2 itu kenapa? minta solusinga? makasih:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu tanda y hh ente ROM y ada yg kurang bro atau kW alias abal abal Coba ente download room di tempat yg original bro Selamat mencoba

      Hapus
  11. Mantap gan sharingnya...

    BalasHapus
  12. nice info gan (y)


    Akses Ssekarang www.serbabayar.com Sobat Bisa Isi Pulsa , Token PLN , maupun Bayar BPJS Secara Online Mudah , Murah dan Terpercaya. www.serbabayar.com Support Pembayaran Menggunakan Kartu Kredit Buka 24 Jam. Beli Online Itu Gak Ribet di serbabayar.com

    BalasHapus
  13. degorontalo.co wawannakuba.blogspot.com

    BalasHapus
  14. Thank's info-nya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  15. Thank's info-nya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  16. Gan nihh hp oppo yoyo r2001.... Udah di hard reset masih bootlop.... Udah di flash pake sp flashtools masih bootlop... Mungkin emmc nya rusak... Dulu oppo joy sekarang oppo yoyo 3juta beli nyajuga... Mampus enggak boleh beli hp oppo soalnya... Software nya padarusak jelek... Hp oppo kebanyakan bootlop... Gan mohon solusi soalnya kalo beli emmc mahal satujuta limaratus 1500.000. Mampus lahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. mending kalau mau beli HH , kita harus mencari dulu gan mau di apain ke depan nya, kalo kitas sering oprek oprek hh mending cari yang pasti aja kan banyak tuh grup grup yg share kualitas HP itu sendiri

      Hapus
    2. Beli HP xiaomi mi4c kalo Mau dioprek emmc y kuat bro dijamin pasang twrp biar lebih stabil instal miui pake stok room Korea 8 global lanjut kanibal ROM miui 7 global hasil y keren Dan langsung root dijamin deples pasang feformance.... dijamin josss

      Hapus
  17. Gan nihh hp oppo yoyo r2001.... Udah di hard reset masih bootlop.... Udah di flash pake sp flashtools masih bootlop... Mungkin emmc nya rusak... Dulu oppo joy sekarang oppo yoyo 3juta beli nyajuga... Mampus enggak boleh beli hp oppo soalnya... Software nya padarusak jelek... Hp oppo kebanyakan bootlop... Gan mohon solusi soalnya kalo beli emmc mahal satujuta limaratus 1500.000. Mampus lahh

    BalasHapus
  18. Bermanfaat Sekali infonya gan, soalnya gw sering gonta ganti rom. abis liat postingan ini jadi ngeri mau gonta ganti room lagi wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung dari merek hp itu sendiri gan ,bisa nya kalo banyak pengguna atau banyak grup seperti contohnya xioumi R1S itu kita bisa tau aman atau tidak nya gonta ganti custom romm nyya soal nya kan banyak Tukang Oprek di sana

      Hapus
  19. Gara2 di grup oppo neo 3 kasusnya ada setiap hari,dan memang di sana lgi top trending gontaganti rom, jdi nya sy penasaran dan akhirnya sampai d sini. Artikelnya sangat membantu dan berkelas. Maju terus!!

    BalasHapus
  20. Paling mudah Rusak emmc nya itu hh Oppo entah kenapa , yang lain adem ayem aja jarang saya denger ada kerusakan emmc dari semua group hh yang saya ikutin !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nice inpoh pantesan udh nyoba servis hp orang udh berhasil flash 2x pake spflashtool tapi waktu dinyalain cuma factory mode mulu terus gk bisa masuk recovery mode berarti emmc rusak

      Hapus
  21. gan hp ane kayak yang digambar tuh pertama tama saya mau flash grgr internal kepenuhan terus saya flash malah keluarnya kayak gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Flash pake PC gan Di coba sumoga kembali Seperti semula

      Hapus
  22. hape himax polymer octacore ane juga kena emmc nya.. dan banyak juga yg senasib.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pernah liat kejadian seperti itu di grup himax , jadi kita sebagai pngguna cukup tau aja kualitas mmc himax , jadi kalau mau beli HH yang baru lebih baik kita cari tahu dulu di grup grup HH yang kita idam idamkan agar tidak menyesal di kemudian hari

      Hapus
  23. alhamdulilah hh ane udah ganti rom hampir ratusan masih normal (A7V+)

    BalasHapus
  24. Xiaomi redmi note 4G reboot berulang terus, wifi tidak berfungsi. Udah coba flash metode system dan fastboot tetap mengalami reboot. Flash metode recovery yg disimpan di sd card tidak terbaca file zip nya padahal sudah ane copy. Kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Flash pake PC udah gan , jika masih tt coba ganti custom ROM cHina atau Global gan

      Hapus
    2. Coba flash' oke kble SFC cari tutorial digoogle

      Hapus
  25. gan mohon pencerahan hp ane sony ex Z2
    setelah gnt cusrom mau di pasang mmc ad keterangan sd card rusak silahkan format,stlh di format pun sama saja, pdhl mmc normal di tes di hh lain.

    ad solusi g gan supaya normal tanpa harus flash ulang ke rom asli? thx gan ☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. di coba dulu gan flash ulang dari PC , jika situ sebelum nya udah ngebeckUp romm bawannya , lebih baik di beckup lagi gan , kalo lupa beckup, ya di coba Flash ulang . jika masih ttp terpaksa gan ente ganti mmc nya

      Hapus
  26. bener gan soal nya ane pernah flas di bawah 50 % dan proses nya lama , dan menghasil kan botlop untuk hp saya, untung gk brick ^^

    BalasHapus
  27. Hp saya Evercoss A66A sudah gonta ganti cosrum juga masih lanjay

    BalasHapus
  28. Gan mau tanya hp q lenovo a526 kog sering mati sendiri saat selesai carger dan kadang lemot ..tombol tidak fungsi harus copot batray..apakah itu ada masalah system gan? Mohon penceramahann Thanks

    BalasHapus
  29. Gan saya mau nanya hp saya andromax g setelah saya ganti rom tidak bisa untuk nlpn tolong solusinya gan

    BalasHapus
  30. sangat membantu sekali,,,
    tp emang bener, oprek cm d tampilan aja, d fungsi (ex : penambahan fitur kayak gesture, tap to on off, performa, stabil, dll) biar kayak hp branded sangat jarang ane temui d custrom. lbh baik emang rom bawaan dan d edit aja biar sperti yg kitamau, yg penting stabil dan ga rewel.. lagi pula pembuat rom bawaan udah mikir rom yg cocok untuk device mereka yg mw d jual,, kecuali merek device yg ga ada SC nya,, :v

    BalasHapus
  31. Gan ad rekomendasi counter buat hp Lg g pro lite yg emmc nya rusak ga gan? Mohon infonya :') emmc ane rusak. Makasih gann.

    BalasHapus
  32. makasih gan infonya :)


    [Bisnis Online] Misi Min ,
    Ingin Jualan Pulsa Melalui Smartphone Android ? Di Sini Sobat , bisa jualan pulsa tanpa perlu Deposit menggunakan Android. Gabung sekarang di www.serbabayar.com , Pusatnya Bisnis Pulsa Online Modal Kecil Untungnya Guede.

    BalasHapus
  33. Gan hp ane pas dinyalain lama diem di logo smartfren trus pas udah 10 menitan muncul bootanimasi smartfren trys udah itu gelap doang trus ada muncul tulisan kaya settingan berhenti gitu trus pas udah lama lagi ada bacaan "ENCRYPTION UNSUCCESSFULL" kan di bawah ada tulisan reset trus ane teken tuh tpi ga ngaruh tpi kelamaan si hh restart sendiri tpi lamaaaaaa parah dan ga muncul apa2
    Nah ane mau nanya itu kenapa ya? Dan bagaimana cara memperbaiki nya.
    Sebelum terimakasih
    Please komen ane udah bingung paraaaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di flash ulang aja gan. Siapa tau membaik. Cari stockrom original hh agan

      Hapus
  34. Gan mau tanya nih, ane punya tablet, p1000,nah ane cba ganti dengan room lolipop, awalnya sih lancar jaya, selang beberapa bulan, si tablet mati karena kehabisan battrey, setealah ane cas, dan di hidupin kembali, tablet masuk mode download, trus pas ane cba flash lewat pc, juga g kedeteksi si tablet ke odin, mohon solusinya gan.

    BalasHapus
  35. Punya Xiaomi Redmi 2, bootloop.
    Ciri2 anehnya: Kalau mati didiamkan 10menitan bisa masuk lagi, tapi kalau direstart bootloop, bisa masuk CWM and bootmode,.
    2. Wifi bisa on tapi ga bisa Bangkep sinyal wifi sekitar.

    Kira2 dimana rusaknya yaa??
    Gara2 update Ota redmi 2 distributor

    BalasHapus
  36. knpdikit* tu muncul maaf aplikasi telah berhenti udah di ikuti saran dr blog sblh download ini akhrnya di instal dr sd card kmbli semula.
    cmn mau nanya penyebab muncul sprti itu knpa gan ?

    BalasHapus
  37. gan,hp saya oppo neo3,,,saat melakukan wipe data and chace selalu failed,,tolong pencerahanny

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama saya juga oppo r10001 selalu failed

      Hapus
  38. Kalo upgrade miui itu bahaya gak... hh ku xiaomi ??

    BalasHapus
  39. Kalo upgrade miui itu bahaya gak... hh ku xiaomi ??

    BalasHapus
  40. hp saya sony xperia, ic emmcnya lagi rusak, kira2 dana buat gantinya sampe berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. emmc pati mahal bgt , orang juga jarang banget yg mau benerin di karenakan , pasti bakalan balik lagi seperti itu

      Hapus
  41. Mau tanya ni hp samsung s4,saya tiba2 aplikasi y hilang semua akibat hp panas msh d paksa kn main . trus kira2 ap ya kerusakkan y? Trmksh

    BalasHapus
  42. evercross a7v kakak gw kena stadium akhir, layar kayak lampu mw mati, unistall app tapi setelah reboot kembali ada, dan sialnya baru tau setelah HP dan saya menanggung #curhat

    BalasHapus
  43. Ane cuma mo ngasih cerita, samsung grand duos milik bapak ane tiba tiba eror habis di bawa mudik.

    Tampilannya sama kayak gambar yang emmc rusak berat, beberapa kali flash menggunakan odin sudah di coba. dan hasilnya gagal masuk Sistem operasi, cuma bootloop saja. Padahal flashing sukses.

    Flashing pertama ketika masuk ke mode recovery masih keluar tulisan seperti itu. E: cannot mount /system blabla bla

    Flashing kedua dengan firmware downlodan yang lain masih tetap sama bootloop, bedanya ketika masuk mode recovery, hal tsb sudah hilang.

    Bahkan ketika menginstall cwm recovery lewat odin pun bisa. Tapi ketika di coba menginstall zip gagal ( nginstall rom marshmallow ~ eh barangkali berhasil :) ).

    Kemudian ane cari firmware lagi, muter muter di google, nemu di kaskus ada link firmware, ane coba. dan Alhamdulillah berhasil.

    Sayangnya bahasa thailand. wkwkwk

    Yah sekian kisah ane, semoga dapat jadi ibroh kita semua.

    BalasHapus
  44. mastah mau nanya dong..
    hp acer z4 mentok di logo, menu recovery masih bawaan, tapi ga bisa kebaca di pc,,
    udh nyari driver segala macem jg ga kebaca..
    apa itu termasuk emmc yg bermasalah...
    mohon pencerahan..
    terima kasih sebelom nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu gk kok gan , yang di katakan emmc nya rusak itu , ketika flash gagal dan tidak mau di flash

      Hapus
  45. Tx ,gan ulasannya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  46. Sy org yg paling ska gonta ganti rom,bhkan 1 minggu ada 3 sampe 4 x ganti rom,bootlop sdah biasa matot ngebrick sering tp alhamdulilah hh tdk apa2 sdh 1 thun lbih ane make lenovo p70

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga gan ga ngoprek kaga seruu salam xiaomi mi4c kalo Mau hebat pake ROM Korea 8 global Kaya HP ane

      Hapus
    2. Link downloadnya donk gan, ane Mi 4C juga nih

      Hapus
  47. hp pertama saya kan grand duos,,,itu udh di oprek berkali2 kebalnya minta ampun,,bootloop gampang banget,tinggal pakek odin aja kelar..baru beli oppo f1f 2hari kemudian saya pasang twrp dan saya root eh ic emmc nya jebol T_T hiks,,,kira2 berapa emmc oppo ya?

    BalasHapus
  48. mantaf infonya ane baru aja ngerasain hardbrick. mending beli baru aja deh.
    T_T

    BalasHapus
  49. Mi4i ane lg ngehang..ane matiin nyalain lg eh malah ngebrick..stuck di logo mi..ckckkc..ud diflass..wipe all data..ttp gbs..ckckck..emmcnya rusak ya brati?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masih ke kebaca di laptop masih aman gan blum hardbrick

      Hapus
    2. Kalau masih ke kebaca di laptop masih aman gan blum hardbrick

      Hapus
  50. feedback gan hobioprek.blogspot.com

    BalasHapus
  51. gan ane baru sekali pake cosroom mi v6 ketagihan gapapa apa oprek lagi lenovoa516

    BalasHapus
  52. kakk, bantu jawab dong saya lagi panik.
    kemarin selasa tab saya , (samsung galaxy tab 3 lite SM T 111) rusak.jadi br saya charge masih bisa untuk wa.terus saya tinggal mandi.mau sy cek lg ehh mati.sy pencet tombol power malah keluar pemutahkiran android OS,lama sekali seperti itu.saya ga sabaran trs sy pencet tombol power lg.malah stuck di logo samsung ga mau hidup dan ga mau mati.lalu sy bawa ke tempat service.
    sudah 5 hr ini, katanya kemungkinan kena EMMC nya.
    bantu jawab ya kak, aapakah stlh diganti msh bs bertahan hidup lagi?dan iaya nya mahal atau tdk?
    krna pihak tempat service slow respon skali memberi kabar.
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba aja dulu di flash. Pake tutorial ini

      http://www.droidviews.com/restore-galaxy-tab-3-lite-7-0-3g-sm-t111-to-stock-firmware/



      Atau cari dulu di grup nya , ke mungkinan itu hanya botlop aja

      Hapus
    2. Coba aja dulu di flash. Pake tutorial ini

      http://www.droidviews.com/restore-galaxy-tab-3-lite-7-0-3g-sm-t111-to-stock-firmware/



      Atau cari dulu di grup nya , ke mungkinan itu hanya botlop aja

      Hapus
  53. Coba aja dulu di flash. Pake tutorial ini

    http://www.droidviews.com/restore-galaxy-tab-3-lite-7-0-3g-sm-t111-to-stock-firmware/



    Atau cari dulu di grup nya , ke mungkinan itu hanya botlop aja

    BalasHapus
  54. Gan nanya,hp ane asus zenfone 5, baru kemarin ganti emmc nya,,baru selang semalam mau di nyalain lagi gak bisa alias mati total,di charger juga gak ada respon.. kira2 kenapa ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mmc nya kena lagi gan , karena kalo sudah ganti mmc mending agan jual lagi , karena rentan terkena kembali mmc nya kalo udah perna ganti mmc

      Hapus
  55. Kalo redmi2 mau di flash emmc gmanaya gun soalnya si wipe eror terus gan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi masih bisa masuk ke rom nya , kalo gk ke detek dari komputer , kalo masih bisa berarti aman gan mmc nya

      Hapus
  56. Gan, kalo hp ane stiap pasang cusrom selalu mati sendiri saat booting tu gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Romnya gan kurang bagud , coba cari rom yg recomendded , cari di grub sesuai hp nya aja gan

      Hapus
  57. klo abis ganti room trs gk bisa starup/masuk ke menu utama gimana yaa???? tolong bantuannya...

    BalasHapus
  58. Gan apa bner custom rom itu memperpendek umur android? Ane mau nyoba tpi tkut :v
    Klo pake stock room bawaan , cma diedit" tampilanya doang aman gk gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung gan , namanya elektronik gan , tapi kalo ane sih gonta ganti rom aman aman aja

      Hapus
  59. klo xiomi gimana?fastboot bisa..tp pas masuk ke menu recovery gak bisa selalu muncul gambar sedang men charger padahal sdh masuk ke menu recovery (gagal trus)...xiaomi Mi Max helium,sdh install twrp

    BalasHapus
  60. ga juga kali gan , asalkan Kita Porting Rom dengan Benar saat Naro bagian Partisi nya ..
    ane udh Ratusan Kali Porting Rom ga pernah yg nama nya Dead eMMc ..
    udah 6 tahun Goprek , skrng udh agak berkurang karna udh menemukan Hape yg ga perlu di Oprek lagi

    BalasHapus
  61. Gan klo hp ad tulisan "error : boot certification verification <-1>" it kenapa ya? Dan cara ngatasin ny gmna? Pake flashtool udah sukses tp ga ngaruh... LG G PRO Lite D686

    BalasHapus
  62. Mas...gimana ya...andromax g2 q abis install Zip yg salah...
    Abis tu bootloopss...
    Udah pke sgala cara
    Kalau misal di flash pake stock room sony z3 gmna mas
    Apa msih ttep bootloops???

    BalasHapus
  63. Gan mau tanya donk,,,hp xperia L saya awalnya saya ganti cusrom...saya pakai cusrom itu sampe 2thn tapi lama2 bluetooth sama wifi tdk berfungsi,akhirnya dicoba aja flash ke firmware official,awalnya berhasil setelah sehari habis di charge hp dinyalakan sempat masuk ke menu tapi tiba2 restart terus2an...saya coba ganti firmware lagi official juga baru dinyalakan terus2an restart...itu knp ya gan? Sya udh coba cabut baterai,card memory tp tetap msh begitu...mohon bantuannya gan...makasih

    BalasHapus
  64. loh..kok hh gw samsung galaxy grand duos bisa gonta ganti rom bahkan berkali2...ini baru aja dapet masalah...masalahnya hh gw nggk bisa masuk recovery cdan fastboot...ikon baterai saat dicas pun nggk ada....kata temen gw dibiarin beberapa saat....sempet berhasil tapi cuma bentar...

    BalasHapus
  65. USIA dev yg ambil bagian,DG dev Baru (<1thn) cusRoM 6x dalam sehari ITU gk berefek (tes vivo,experia,meizu).
    cusROm bukan penyebab eMMC cepet down/aus,byk Simon suatu dev trjadi hard.b total.
    terimakasih admin

    BalasHapus
  66. Advan ga ada yak :v bersyukur ne wkwkekekekekek

    BalasHapus
  67. Mau tanya gan ane kemaren service Lenovo a6k+. Tapi pas ane periksa ko ram nya 1/ 8 ya? Sedangkan 6000plus kan ram 2/16

    BalasHapus
  68. Bukan nya harga emmc kisaran 80rb sampai 200rb aja untuk 8gb s/d 32gb? Soalnya saya pernah service hp sony ganti emmc 16gb bawaan aslinya sih cuma 8gb.

    BalasHapus
  69. Klo hp nya sering restart trus knp itu gan, Ane pake mi4c 3/32 udah root n pakai twrp, sering restart sendiri, tpi klo masuk recovery twrp bisa masuk gk ada kendala, udah ganti2 rom masih tetep restart, di flash' juga sering restart juga gan, knp ya gan ??

    BalasHapus
  70. Samsung young 1 licin buat cosrom

    BalasHapus
  71. Samsung young 1 licin buat cosrom

    BalasHapus
  72. Bang klo ganti emmc samsung grand prime brpa y biayanya??

    BalasHapus
  73. Bang klo ganti emmc samsung grand prime brpa y biayanya??

    BalasHapus
  74. mau tanya bang, setelah ganti emmc hp nya masih awet berapa lama ya? saya lihat itu nota nya dari sm*rtcell bekasi. saya rencana mau service juga disana.

    BalasHapus
  75. hp kuat. sony x8. ganti ruom smpek tngan ktiting. tetep aman. trus coba young 1. sekali tempur langsung brick.

    BalasHapus
  76. kalo pas d recovery, trs mau istall rom.pas swipe tbtb reboot sndri, trs lngsng kembali k menu recovery lg.knpa ya?

    BalasHapus
  77. Sm-n9208
    Cuman keluar logo
    Sama tulisan
    Recoveri is not seandroid enforcing
    Custom binary bloked frp lock
    Itu ciri apa??

    BalasHapus
  78. Saya ingin merubah ROM distributor ke ROM Global apa ada dampak resiko yang saya terima gan ? Takutnya hp saya bootloop.

    BalasHapus
  79. permisi agan"mohon bantuan kendala di samsung c9pro ane restart terus di logo ada keterangan
    recovery booting
    recovery is not seandroid enforcing
    set warranty bit : recovery
    mohon bantuan dan pencerahan atasinya para suhu

    BalasHapus
  80. sangat membantu sekali, terimakasih sudah share
    http://cody.id/

    BalasHapus
  81. jd, gan apakah ada masalah, ketika kita ganti firmware nih, karena hp yang saya beli dari singapur , saya ganti firmwarenya jd ke indonesia, dan itu firmwarenya original dari sammobile, apakah ada masalah nnti nya gan?

    BalasHapus
  82. thanks gan udah share infonya,untuk alat service nya pakai ini ya
    solder uap

    BalasHapus
  83. Mas mau nanya kalo hp android samsun j ... diganti dengan frimware lain seperti samsung j ... yang lain apakah bisa mas...😁😁😊

    BalasHapus
  84. Mau tanya nih, semisal hp yg mereknya oppo itu dipasangin rom miui ori gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Miui ori ya ga bisa, miui mod dari xda harusnya bisa.

      Hapus
  85. Bang ane mau nanya maximal Ganti ganti rom tuh brp kali si? Jelasin detail dong bang Maximal brp kali untuk gonta ganti rom biar mmc nya ga lemah

    BalasHapus